Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) Tahun 2019

PPG Daljab 2019

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) Tahun 2019 - Selamat sore para pembaca yang budiman, sudah lama saya tidak memposting di blog sederhana ini dan kebetulan sakerang saya sedang menjalankan tugas dari pemerintah yaitu Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan (PPG Daljab) Tahun 2019 yang mana sekarang masih tahap mempelajari modul-modul dalam jaringan (daring).

Nah, dalam kesempatan ini, saya dengan senang hati ingin berbagi pengalaman saya selama 15 hari kemarin mengikuti daring PPG tersebut. Konten-konten yang ada dalam daring itu saya bagikan dalam bentuk modul mulai dari Modul 1 sampai Modul 6.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan pendidikan yang diselenggarakan perguruan tinggi tertentu yang telah ditunjuk oleh pemerintah untuk para sarjana baik yang sudah mengajar di sekolah maupun yang belum mengajar. Saya mengikuti PPG Dalam Jabatan karena sudah mengajar di sekolah. Bagi yang belum mengajar ada jalur PPG Prajabatan.

PPG ditempuh selama dua semester setelah seorang calon lulus dari program sarjana kependidikan maupun non kependidikan. PPG merupakan program dari pemerintah sebagai pengganti akta IV yang tidak berlaku lagi sejak tahun 2005.

Dengan adanya PPG ini, diharapkan seorang calon guru profesioanl benar-benar terjamin masalah kompetensi dan profesionalisme-nya ketika menjalani masa pendidikan selama 2 semester atau 1 tahun.

Dalam pelaksanaannya, saya mengikuti PPG Daljab selama tiga tahap :

Tahap Pertama

Pada tahap pertama, saya diharuskan mendalami materi/teori dalam bentuk hybrid learning (online/dalam jaringan) selama 3 bulan.

Materi yang saya dapatkan, diakses dari satu sumber belajar, dalam berbagai bentuk (teks, audio, video), diakses melalui internet, namun saya tidak pernah bertemu secara virtual dengan dosen pengampu.

Ada komunikasi juga hanya lewat chat saja. Hal ini sangat tidak efektif sekali dikarenakan tidak terjadi komunikasi langsung.

Modul-modul yang dipelajari akan saya share agar para pembaca yang hendak mengikuti PPG bisa melihat gambaran yang lebih jelas. Bahkan tes formatif dan sumatifnya juga rata-rata sama soalnya dengan tes-tes angkatan sebelumnya.

Ini dia daftar modul-modul yang saya dapatkan, modul di bawah ini semuanya 
merupakan teori pedagogik.

Tahap Kedua

Pada tahap kedua saya menjalani workshop atau tatap muka langsung dengan para dosen di Kampus UPI serta ada peer teaching. Waktu yang saya tempuh untuk menjalani tahap kedua ini sekitar 5 minggu. 

Tahap Ketiga

Tahap terakhir adalah Program Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah selama 3 minggu. Pada tahap ini guru melakukan praktek pembelajaran secara langsung di kelas. Pada PPG kemarin saya memilih tempat PPL di SMA Laboratorium School UPI Bandung.

Setelah semua tahap di atas dilaksanakan, maka saya menempuh Uji Kompetensi Mutu (UKM) PPG yang dilaksanakan secara CAT. UKM PPG tersebut hasilnya tidak bisa dilihat secara langsung, namun harus menunggu sekitar 1 bulan semenjak pelaksanaan UKM PPG.

Dari ketiga tahap tersebut, peserta yang dinyatakan lulus berhak mendapatkan Sertifikat Pendidik. Bagi yang belum lulus, ada kesempatan mengulang sebanyak 2 tahun berikutnya atau disebut istilahnya retaker. Biasanya setiap tahun diadakan ujian ulang sebanyak 3 kali.

Panduan Lengkap PPG Daljab Daring 2019        download di sini
Panduan Instruktur PPG Daljab Daring 2019        download di sini
Panduan Peserta PPG Daljab Daring 2019         download di sini

Modul-modul PPG Daljab Daring 2019 yang bisa diunduh :


Demikian postingan kali ini terkait 
Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) Tahun 2019, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semuanya. Saya do'akan bagi yang belum mengikuti PPG, secepatnya mendapat panggilan untuk program tersebut. Semoga sukses.

Postingan ini telah mendapat editing pada tanggal 28 Maret 2020.
Previous
Next Post »
0 Komentar